7 prinsip manajemen
mutu iso 9001
Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas
satu per satu, apa saja pengertian dari 7 Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO
9001:2015.
1. Customer Focus
Fokus Customer adalah prioritas utama dari Sistem Manajemen Mutu. Bentuk aplikasinya
adalah dengan memberikan semua kebutuhan yang melebihi harapan Customer untuk
ketercapaian kepuasan pelanggan. Sehingga keberlangsungan hidup perusahaan akan
terjamin dalam jangka waktu yang panjang.
2. Leadership
Setiap pimpinan yang ada di perusahaan memiliki peran sebagai pelatih yang
memiliki target sesuai sasaran perusahaan melalui pemberdayaan karyawan,
pembuat keputusan berdasarkan data dan fakta (decision maker) serta membuat
standard sistem manajemen perusahaan yang diwariskan untuk genarasi berikutnya.
3. Engagement of People
Menciptakan dan memberikan nilai lebih kepada Customer akan lebih mudah bila
didukung oleh personal yang kompeten, mampu diberdayakan dan terlibat di semua
tingkatan di seluruh Perusahaan. Bentuk aplikasinya adalah dengan mempromosikan
pendekatan proses dan pentingnya kontribusi setiap tingkatan di Perusahaan.
4. Process Approach
Sistem manajemen mutu yang telah ditetapkan di perusahaan bukan dibuat
berdasarkan pendekatan departemen, akan tetapi berdasarkan proses murni yang
ada di perusahaan dengan melibatkan seluruh pihak yang terkait.
5. Improvement
Perusahaan yang sukses dan mampu bertahan dalam persaingan adalah Perusahaan
yang fokus dalam improvement (peningkatan). Bentuk aplikasinya adalah dengan
selalu melakukan perubahan melalui peningakatan berkelanjutan baik internal dan
eksternal yang disesuaikan dengan iklim perubahan terkini. Sehingga perusahaan
akan selalu siap menghadapi persaingan dengan para kompetitor.
6. Evidence Based Decision Making
Membuat keputusan berdasarkan data dan fakta. Bentuk aplikasinya adalah setiap
menetapkan kesimpulan dari sebuah permasalahan ditetapkan berdasarkan analisis
fakta dan data yang diperoleh selama melakukan analisa. Sehingga keputusan yang
diambil akan menghasilkan keputusan yang produktif dan tepat sasaran.
7. Relationship Management
Untuk mempertahankan kesuksesan Perusahaan harus mengelola hubungannya dengan
pihak-pihak yang berkepentingan (interested parties) diantaranya adalah para
pemasoknya, mitra kerja, karyawan, pemerintah, masyarakat, dll.
https://sentralsistem.com/news/detail/7-prinsip-manajemen-mutu-iso-9001-2015
Lokasi kami :
MSC Certification
Metro Trade Center
Ruko Blok 1 No. 15
Jalan Soekarno Hatta No. 590
Sekejati, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286
Whatsapp : 081387600889
Phone : (022) 87505123
Web :
www.msccertification.com
E-mail :
cs@msccertification.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar